Jumat, 26 Juni 2009

Satu Design Beda Konsep


Konsep Design : Suatu ide / gagasan/pemikiran yang dituangkan dalam bentuk visual dan mempunyai tujuan untuk mempengaruhi seseorang. Peranan konsep disini sangat penting karena untuk memenuhi target kepada audience yang digambarkan dalam bentuk visualisasi design sehingga mudah ditangkap dibandingkan dalam bentuk pengumuman/text. Karena kita cenderung lebih enak melihat/menonton.






MEDIA – MEDIA DESIGN

IKLAN TV

Sudah Jelas iklan di tv disusun secara sistematis dalam penulisan skenarionya, dan lebih mengena dan dicerna karena menggabungkan ketiga nya yaitu :

Story/cerita
video/visual
Audio/suara

Untuk iklan di TV sudah tentu harga produksinya sangat mahal, dan harga dihitung dalam durasi waktu tayang. Dan media ini memang sangat efektif karena menjangkau semua kalangan dari kalangan bawah sampai kalangan orang berduit/atas. dan kita beranggapan bahwa jika produk/barang sudah masuk iklan tv maka baguslah barang tersebut..!!!???? itulah media iklan tv yang mudah diminati.

Brosur / Plakat /Baliho
Kalau untuk yang satu ini agar audience mau membaca sudah barang tentu design yang ditampilkan harus lebih menarik, sehingga media ini tepat sasaran. Media ini juga efektif kalau kita mempunyai konsep design yang menarik, tetapi lebih tidak efektif lagi jika kita membuat yang saya katakan “ ASAL JADI “. Kita ambil contoh iklan “A-MILD,sampoerna hijau “ designnya juga sederhana tetapi banyak orang ingat akan iklan ini karena para designernya memahami konsep dari produk iklannya. Untuk produksinya bisa lebih efisien efektif



Cara Mendapatkan Konsep
Untuk mendapatkan konsep design yang menarik banyak cara dan banyak yang tidak tahu tempatnya karena biasanya datang karena kebetulan dan tiba – tiba, tapi ini sedikit gambaran dan ilustrasi yang biasanya terjadi :

1. Dikamar mandi : Biasanya ide – ide yang extrim muncul dari tempat ini.
2. Naik sepeda motor/mobil/ngontel/jalan kaki :sambil lihat kanan kiri baliho berdiri dengan kokoh biasanya ide juga datang dengan tiba – tiba.
3. Termenung / nglamun / berfikir : seorang designer biasanya selalu menyendiri nyantai untuk mendapatkan ide designya.
4.Tidak ada paksaan dan Keterpaksaan : ide ini datang tergantung juga pada orang itu sendiri, ada yang tidak mau dipaksa dan karena keterpaksaan, misalnya : dikantor karena deadline hari ini harus selesai dan ide juga bisa muncul.
5. Banyak Membaca : sudah barang tentu orang akan lebih banyak ilmu karena gemar membaca, sehingga wawasan yang didapat akan mempengaruhi design itu sendiri.
6. Merokok : bagi yang suka merokok juga bisa mendapatkan ide dari cari ini
7. dll

Tips : Jika kita menemukan ide – ide secara kebetulan dan tiba – tiba biasakan selalu mencatat dan mengilustrasikannya dalam bentuk coretan atau apapun, karena ide ini biasanya akan juga akan hilang secara tiba – tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar